Cara Cepat Mengajarkan Toilet Training Anak

Ini Tahapan Toilet Training yang Perlu Diajarkan Sejak Dini Pada Si Kecil

Banyak orangtua yang bingung bagaimana cara memulai untuk melatih toilet training anak. Baik itu mengajarkan bagaimana cara BAB, maupun buang air kecil saja. Sekilas, toilet training adalah aktivitas yang cukup mudah dilakukan. Namun, diperlukan trik-trik tertentu, lho. Nah, berikut kami jelaskan beberapa cara cepat agar Anda mudah melatihnya:

  1.     Lakukan Saat Anak Siap Memulainya

Proses ini akan lebih optimal jika si kecil sudah siap melakukannya. Jadi, kenali tanda-tandanya terlebih dahulu. Untuk mengenali tanda-tandanya tidak sulit. Si kecil yang sudah siap biasanya akan meniru cara Anda saat menggunakan toilet.

Cara Toilet Training Pada Anak 2 Tahun - Tentang Tahun

Selain itu, mereka juga mengutarakan keinginan BAB maupun BAK secara lisan. Dalam kasus lain, kesiapannya pun ditunjukkan dengan kesukaan mereka saat duduk di kloset atau pispot.

  1.     Tunjukan Tempat Untuk BAB dan BAK

Setelah si kecil siap, silahkan Anda tunjukan tempat yang harus dituju saat mereka ingin BAB atau BAK. Untuk proses pembelajaran, Anda bisa menggunakan potty seat atau pispot. Alat tersebut sangat direkomendasikan untuk mengajarkan mereka toilet training.

Beritahu juga si kecil di mana Anda menyimpannya. Tujuannya agar mereka bisa mengetahui kemana arah untuk buang air besar maupun buang air kecil.

  1.     Gunakan Celana yang Mudah Dilepas Oleh si Kecil

Pilih juga jenis celana yang tepat untuk toilet training. Yaitu, celana yang mudah dilepas oleh mereka. Celana yang cocok yaitu celana yang berkaret longgar. Atau, jenis celana khusus untuk toilet training.

Celana ini bertujuan agar si kecil mudah melepasnya. Dengan begitu, proses BAB maupun BAK menjadi lebih mudah.

  1.     Ajari Proses Akhir BAB dan BAK

Tidak hanya mengajarkan mereka bagaimana cara BAB dan BAK di tempat yang tepat. Ajarkan juga bagaimana cara membasuh, menyiram, mengenakan celana, hingga mencuci tangan setelah proses BAB maupun BAK.

Proses akhir ini sangat penting untuk mencegah kuman, dan penyakit infeksi yang bisa saja mengintai.

Nah, itulah toilet training anak yang penting untuk diajarkan oleh setiap orangtua. Melalui cara di atas, sedikit banyaknya kini Anda sudah bisa memberi tahu mereka bagaimana proses BAB dan BAK yang baik dan benar. Bagaimana, mudah bukan?.