Resep Makanan Tradisional Bubur Sumsum

Ada banyak sekali aneka resep makanan tradisional khas Indonesia yang bisa kita sajikan saat buka puasa nanti. Salah satu yang biasanya dengan mudah kita temukan di penjual menu buka puasa di sekitar rumah dan pinggir jalan adalah bubur sumsum. Ya, resep bubur ini memang cocok sekali untuk mengisi perut kita setelah seharian menahan makan dan minum.

Rasanya yang enak dan lembut ditambah dengan gurihnya santan dan manisnya saus gula merahnya memang bisa mengembalikan kondisi tubuh setelah seharian berpuasa. Disamping itu, cara membuat bubur sumsum ini juga bisa dibilang sangat mudah sekali. Tidak harus orang yang gemar memasak untuk bisa bikin bubur yang enak dan lezat.

resep makanan tradisional
resep makanan tradisional

Ada beberapa variasi resep makanan tradisional ini, seperti resep bubur sumsum pandan, bubur biji salak, bubur candi dan yang lainnya. Tetapi kali ini kita akan membuat sumsum resep yang biasa dengan menggunakan tepung beras dan gula merah saja supaya lebih cepat dihidangkan buat berbuka puasa.

Seperti resep bubur yang lain, cara membuat bubur sumsum juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahan bahan yang diperlukan untuk bikin bubur ini juga sangat mudah didapat di toko kelontong atau minimarket sekitar rumah.

Biasanya jaman sekarang orang orang lebih senang untuk menggunakan tepung beras yang siap saji yang dengan mudah ditemukan di toko toko. Tetapi resep bubur sumsum enak yang asli biasanya menggunakan beras yang ditumbuk atau digiling terlebih dahulu. Sebenarnya sih tidak ada perbedaan yang besar di citarasa yang dihasilkan, cuma yang paling penting adalah gunakan tepung beras yang kualitas bagus dan tidak bau apek supaya rasanya enak dan legit.

Meskipun cara-cara membuat bubur sumsum ini cukup sederhana, tetapi tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya hasilnya sempurna dan teksturnya lembut merata. Beberapa kejadian yang sering dialami teman teman biasanya hasil jadinya tidak lembut dan ada gumpalan gumpalan kecil tepung. Hal ini dikarenakan proses pencampuran tepung berasnya yang tidak merata.

Untuk hasil yang sempurna, sebaiknya teman teman mencampur tepung berasnya terlebih dahulu dengan sebagian santan baru dicampur dengan santan lainnya yang direbus. Salah satu ciri khas dari resep bubur sumsum adalah aromanya. Untuk itu jangan lupa untuk menggunakan daun pandan untuk campuran resep makanan tradisional buburnya dan kuah gula jawanya.

Ada beberapa variasi resep makanan tradisional ini, seperti resep bubur sumsum pandan, bubur biji salak, bubur candi dan yang lainnya.