// Prints all codes before tag. // Location: "views/general/header/_common.php" publisher_get_view( 'header', '_common', 'general' ); publisher_get_view( 'header', 'off-canvas', 'general' ); /** * Fires before ".main-wrap" start * * @since 1.9.0 */ do_action( 'publisher/main-wrap/before' ); // Activates duplicate posts removal temporarily for not counting posts inside mega menu publisher_set_global( 'disable-duplicate-posts', TRUE ); publisher_set_blocks_title_tag( 'p' ); ?>

Konsumsi Jus Buah Aman Untuk Kesehatan

Buah-buahan adalah pelengkap kebutuhan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh untuk meningkatkan kekebalan terhadap penyakit. Namun, jangan sampai salah mengolahnya supaya tubuh mendapatkan manfaat yang maksimal dari buah-buahan tersebut. Dan ternyata, minum jus sehat juga ada aturannya agar maksimal ketika di konsumsi bagi kesehatan tubuh. Karena pengolahan yang tidak benar, malah membuat manfaat jus berkurang bagi tubuh.

Berikut aturan yang harus diikuti ketika mengkonsumsi jus sehat:

  • Jus yang memiliki rasa asam tidak untuk dikonsumsi pagi hari.

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk minum jus, karena minuman ini mengandung banyak serat dan air yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Supaya tidak mengalami sakit perut, maka hindari buah-buahan yang memiliki rasa asam pada pagi hari. Anda dapat mengkonsumsi jus pisang, apel, wortel.

  • Jus bukan pengganti buah

Mengkonsumsi jus tanpa memakan buahnya secara langsung juga tidak baik, karena akan membuat  berat badan melonjak drastis. Makan buah secara langsung juga bermanfaat baik bagi lambung, sebab pada saat mengunyah lambung pun ikut bekerja dan membakar sejumlah kalori kira-kira sebanyak 20 kkal.

jus sehat

  • Jus bukan pengganti makanan.

Dengan alasan kesehatan dan bertujuan untuk diet, boleh mengganti makan malam dengan segelas jus. Tetapi tidak disarankan sarapan dan makan siang hanya dengan meminum jus.  Kebutuhan nutrisi juga harus terpenuhi dari asupan makanan lain. Buah-buahan tidak dapat memenuhi kebutuhan 1.800 kkal dalam sehari. Maka akibatnya kekebalan tubuh akan menurun.

Jadi meskipun berat badan mungkin dapat turun dengan drastis tetapi juga akan mudah naik jika makan dengan pola yang tidak benar, karena minum jus tidak akan mengurangi lemak dalam tubuh melainkan hanya mengurangi air dalam tubuh.

  • Hati-hati dengan buah-buahan yang memiliki kadar gula tinggi

Ketika Anda makan buah yang tidak di jus, maka perlu usaha untuk mengunyah dan menelan. Dengan begitu, kadar gula yang ada pada buah pun bersinergi dengan struktur serat yang akan terpecah ketika dicerna secara perlahan pada saluran pencernaan.

Karena berbagai alasan itulah, kadar gula yang terdapat pada buah akan diserap oleh organ hati dalam jumlah yang sedikit dan dapat dicerna oleh hati dengan baik pula. Akan tetapi jika Anda minum jus buah, ada banyak buah-buahan yang dikonsumsi dalam satu waktu. Hal ini yang menyebabkan gula yang terserap menjadi berlebihan dan kemudian diolah oleh hati dalam jumlah banyak. Sedangkan gula yang terdapat pada buah adalah fruktosa. Dan hati adalah satu-satunya organ yang dapat mengolah fruktosa dalam jumlah banyak menjadi lemak.

  • Tidak dianjurkan meminum jus dengan campuran susu dan gula

Bahan inilah yang akan membuat tubuh Anda menjadi kurang sehat.

Jadi, tidak selalu konsumsi jus sehat itu baik bagi tubuh, karena jika Anda salah mengolah makan alih-alih tubuh menjadi sehat, justru kekebalan tubuh akan mengalami penurunan. Maka, konsumsi jus buah dengan tepat dan benar sehingga manfaat yang dirasakan lebih maksimal.