// Prints all codes before tag. // Location: "views/general/header/_common.php" publisher_get_view( 'header', '_common', 'general' ); publisher_get_view( 'header', 'off-canvas', 'general' ); /** * Fires before ".main-wrap" start * * @since 1.9.0 */ do_action( 'publisher/main-wrap/before' ); // Activates duplicate posts removal temporarily for not counting posts inside mega menu publisher_set_global( 'disable-duplicate-posts', TRUE ); publisher_set_blocks_title_tag( 'p' ); ?>

Beberapa Istilah Investasi Reksadana Sebelum Memulai

Memulai investasi memang menjadi bagian terpenting dalam pengalokasian dana finansial. Tujuannya bisa jadi untuk menabung atau mungkin hanya coba-coba. Namun pastinya tidak ada yang salah dengan melakukan investasi. Salah satu investasi yang umum diketahui orang adalah reksa dana. Jika Anda pemain lama dalam investasi reksadana, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah yang ada. Lain halnya dengan pemain baru. Istilah tertentu akan sangat awam terdengar di telinga.

Untuk memudahkan Anda memahaminya, berikut beberapa istilah yang perlu Anda ketahui.

investasi reksadana
investasi reksadana
  1. Initial Public Offering (IPO)

Apa itu IPO? Istilah ini lebih sering diucapkan dengan istilah lain, yaitu go public. Jika Anda suka membaca artikel terkait dengan perusahaan startup, Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah ini walau belum paham betul. IPO merupakan saham perdana yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Perusahaan yang memberikan IPO adalah perusahaan pemegang saham atau dikenal dengan emiten yang selanjutnya dicatat di BEI atau Bursa Efek Indonesia.

  1. Right issue

Pada dasarnya ini merupakan sebuah regulasi oleh perusahaan yang sudah tercatat IPO agar bisa menerbitkan saham baru. Hal yang perlu dicatat adalah jika Anda tercatat sebagai pemegang saham lama, perusahaan IPO harus menawarkan saham barunya kepada Anda dulu. Ini karena pemegang saham lama memiliki hak untuk membeli atau tidak membeli saham baru tersebut.

3.Portofolio efek

Tentunya Anda sudah mengetahui apa itu portofolio. Dalam istilah ini, portofolio efek merupakan kumpulan dari beberapa surat berharga. Ada baiknya jika Anda ingin menjadi investor pemula, alokasikan lah dana Anda ke beberapa portofolio kredit. Ini dimaksudkan agar jika terjadi risiko yang tidak diinginkan, tidak bertumpu hanya pada satu efek saja.

  1. NAB 

Nilai Aktiva Bersih ini menunjukkan jumlah dana yang sudah dikelola pada sebuah investasi reksadana

Dengan mengetahui beberapa istilah di atas, apakah membuat Anda jadi yakin untuk berinvestasi? Tentu saja tidak mudah memahami istilah baru. Namun Anda tetap bisa memulai investasi reksadana dengan cara yang mudah. Bahkan sekarang sudah ada investasi online dari Manulife yaitu klikMAMI. Mulai dari investasi reksa dana syariah sampai pasar uang bisa dengan mudah dilakukan di klikMAMI.