2017

Perbedaan Antara Sekolah Formal dan Boarding School

0

Siapa orang tua yang tidak ingin memiliki anak yang cerdas dan berakhak baik, tentunya setiap orang tua menginginkan akan hal tersebut. Darimanakah harus dimulai untuk peran orang tua agar tercapai harapan tersebut ? Patinya dari peran kasih sayang dan pendidikan sejak dari pra kehamilan, masa ketika hamil dan pendidikan setelah terlahir. Untuk menjadi anak yang baik dan cerdas sangatlah memerlukan perjuangan fisik dan mental serta tidak lupa pula do’a orang tua yang lebih pokok bagi anak.

Sebetulnya anak lebih meniru kebiasaan orang tua di rumah, makanya pendidikan karakter sejak dini harus pula dimulai dari akhlak baik sebagai orang tua. Namun jika ingin mendapatkan anaknya memiliki wawasan yang lebih luas, didikan karakter yang lebih kuat serta pendalaman ilmu agama islam yang jauh dari kata maksimal, maka sebagai orang tua jika tidak mampu mendidik di rumah, serahkanlah kepada yang ahlinya. Setidaknya orang tua tahu harus di kemanakan anak ini.

Islamic school bogor
Islamic school bogor

Sekolah formal ataupun boarding school adalah awal si anak mendapatkan pendidikan dari luar, seyogyanya sebagai orang tualebih teliti dalam memilih sekolah manakah yang terbaik untuk anaknya. Seperti halnya sekolah SMA Dwiwarna (Boarding school) sebagai islamic school bogor yang merupakan salah satu sekolah di Indonesia dengan pengacuan didikan formal dan informal.

Tatkala mengetahui apa itu sekolah formal dan boarding school ? Apakah ada segi perbedaannya ? Mungkin itulah yang menjadi pertanyaan. Ada 2 perbedaan dari sekian banyak yang tidak diungkap oleh saya, karena keterbatasan karakter.

  1. Boarding school, lebih kepada pengajaran dan kegiatan siswa seluruhnya ada di lingkungan sekolah termasuk dalam pantauan pengajar, sedangkan sekolah formal memberikan waktu kepada siswa hanya di siang hari saja.
  2. Boarding school, menyediakan jadwal belajar mengajar setiap hari dengan teratur, jika KBM telah selesai kemungkinan siswa akan dialihkan pada kegiatan yang lainnya, berbeda dengan sekolah formal yang hanya dibatasi dengan KBM, jika KBM selesai maka tidak akan ada lagi kegiatan yang lainnya.

Untuk itu saya sarankan agar setiap orang tua lebih teliti dalam memilih sekolah untuk masa pendidikan anak, jangan mengandalkan gengsi tetapi harus mengacu pada pembentukan karakter dan akahlak anak Anda. SMA Dwiwarna (Boarding school) sebagai islamic school bogor menawarkan kepercayaan kepada Anda sebagai orang tua untuk menyekolahkan anaknya disana.

Leave A Reply

Your email address will not be published.