2017

Tips Sederhana Motorik Halus dan Kasar Pada Anak Usia 10-12 Bulan

Tips Sederhana Merangsang Motorik Halus dan Kasar Pada Anak Usia 10-12 Bulan

0

Memberikan rangsangan kepada anak untuk perkembangan motorik anak perlu dilakukan sebagai latihan bagi anak untuk mengetahui adakah gangguan atau tidak dalam motoriknya. Dari itu dalam melakukan latihan yang dilakukan sebagai orang tua harus memperhatikan juga akan usia anak dan kebutuhan nutrisinya. Untuk usia anda sudah dapat memberikan rangsangan motoriknyasaat usianya mulai menginjak 0 sampai 3 bulan, dan untuk selanjutnya bisa melihat perkebangan usia selanjutnya.

Sementara itu untuk nutrisi yang diberikan sebagai penunjang kecukupan dalam perkembangan anak. Dalam hal ini anda dapat memberikan nutrisi yang lengkap seperti dengan memberikan susu Dancow yang kaya akan nutrisi penting untuk anak. Selanjutnya untuk memberikan rangsangan motorik anak akan dijelaskan khusus bagi usia anak yang menginjak usia 10 sampai 12 bulan.

motorik anak
motorik anak

Pada usia ini anak sudah mulai bisa mengangkat badannya sendiri dan mulai melangkah sendiri. Selain itu anak juga mulai pandai dalam memutar kepalanya sendiri dengan keseimbangan yang terjaga, seperti saat bertepuk tangan atau melempar bola. Untuk rangsangan yang bisa diberikan berikut ini diantaranya.

Rangsangan motorik halus.

  • Melatih motorik halus anak dapat dilakukan seperti dengan memberi kesempatan pada si kecil untuk makan sendiri dengan menggunakan sendokk plastik dengan posisi duduk dikursinya. Cara lainnya juga dapat dilakukan dengan memberikan mainan susun yang berwarna-warni dan membiarkannya memasukan benda-benda tersebut dalam melatih koordinasi mata dan tangan anak.

Rangsangan motorik kasar

  • Berbeda dengan rangsangan halus dalam pemberian rangsangan motorik kasar dapat diberikan dengan berbagai cara. Misalnya dengan meletakan mainan yang dapat dijangkau anak, anda dapat memberikan semangat untuk anak dalam menggapai benda tersebut. Selain itu rangsangan lainnya dapat juga diberikan dengan mengajak anak untuk latihan berjalan di lantai atau rumput. Dalam latihan ini anda dapat memegang kedua tangannya dan memberikan anak semangat untuk melangkah. Dalam rangsangan yang diberikan ini sebaiknya terus dilakukan terlebih jika anak belum mampu berjalan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.