2017

Cara Orang Tua Mengasuh Anak pada Generasi Alpha

Generasi alpha
Generasi alpha

Peran asuh orang tua sangatlah dibutuhkan dalam menghadapi perkembangan jaman yang seba dengan kecanggihan tekhnologi. Generasi alpha sangatlah perlu bimbingan dan asuhan yang terprogram dari para orang tua melalui beberapa cara yang mesti ditempuhnya.

Sangatlah diperlukan cara khusus dalam mendidik dan mengasuh anak di tengah perkembangan era digital seperti sekarang ini. dengan segala kemudahan bagi si anak dalam mendapatkan informasi dari beberapa sumber sangatlah diperlukan suatu bimbingan dan didikan yang akan menyetarakan pemahamannya dengan era digital yang semain maju. Anak pada generasi alpha konon katanya lahir dari sejak tahun 2010 hingga 2025, dimana pada generasi ini si anak sangatlah melek digital dan teknologi.

Sehingga sebagai orang tua perlu sekali untuk terus memberikan bimbingan dan dukungan pembelajaran pada si anak agar mendapatkan informasi yang sesuai dengan masa usianya. Ciri – ciri anak pada generasi ini lebih kepada pengenalan gadget, semakin fokus pada digital serta terlalu terobsesi pada suatu produk baru yang berhubungan dengan tekhnologi, sehigga si anak kurang begitu kreatif dan malas meningkatkan kemampuan motoriknya.

Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua ketika mengasuh anak pada generasi alpha. Berikut caranya akan kami paparkan sebagai tambahan pengetahuan anda.

1. Peka terhadap perubahan jaman

Perubahan jaman selalu erat kaitannya dengan kemajuan tekhnologi, sehingga para orang tua mau tidak mau harus selalu peka terhadap perubahan jaman. Hasilnya, orang tua akan semakin objektif dalam memilih cara ketika membimbing dan mengasuh anak ketika anak mulai paham terhadap penggunaan tekhnologi informasi, sebaiknya orang tua turut ikut serta dalam mengarahkan konten – konten yang positif untuk anak.

2. Arahkan didikan kepada anak agar menjalin komunikasi dua arah

Diera kecanggihan tekhnologi dan digital seperti sekarang ini, komunikasi tatap muka sudah dinomor duakan. Kebanyakan anak lebih memilih komunikasi melalui sarana tekhnologi, padahal komunikasi dua arah sangatlah berpengaruh besar terhadap psikologi anak di masa depan.

3. Selain mengajarkan komunikasi, bersosialisasi juga perlu menjadi program didikan yang tidak kalah pentingnya

Sikap sosialisasi anak yang baik akan melahirkan emosi anak yang berkemampuan pada motorik anak sesuai dengan kemampuannya.

Untuk menemani generasi alpha di era digital, sebaiknya temani anak dengan asupan nutrisi cukup dari Dancow.