cara memasak

Menjaga dan Melestarikan Masakan Indonesia

    Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki kekayan dari segala bidang, dari berbagai Negara mengapresiasi Indonesia dengan kekayaan budaya, bahasa, suku, adat, wisata dan tak terkecuali kekayaan kulinernya yang khas. Indonesia memiliki warisan kuliner secara turun temuruh dari leluhur kta sejak dulu, berbagai panganan khas di setiap daerah menjadi ciri unggulan dari daerah tersbut, sebagai generasi penerus, kita semestinya selalu menjaga segala kekayaan warisan budaya dari nenek moyang terdahulu kita.

Berbicara masakan khas Indonesia yang dikenal masyarakat dunia adalah rendang, nasi goreng dan sate. Ketiga makanan ini menduduki posisi teratas dari semua makanan lezat di dunia, hal ini diakui oleh beberapa Negara di dunia yang meyatakan bahwa rendang adalah makanan terenak di dunia.

Jelas, bahwa proses pembuatan rendang tergolong cukup lama dan membutuhkan waktu seharian penuh untuk menghasilkan kualitas rendang terbaik. Rendang biasanya terbuat dari daging sapi diolah dengan bumbu-bumbu dan rempah-rempah khas Indonesia, rendang pun bisa awet bertahan sampai berbulan-bulan karena cara memasak dan pengolahannya itu sendiri yang baik dan benar.

Namun seiring perkembangan zaman, kini banyak masyarakat mengolah berbagai masakan rendang tidak hanya dari daging sapi saja, ada yang mengolah dari ikan, daging ayam, atau kacang-kacangan. Sungguh warisan kuliner yang patut diacungi jempol dan patut dilestarikan dan dijaga oleh generasi penerus kita.

Selain rendang, ada juga nasi goreng yang menjadi viral di media sosial karena salah satu ornag menciptakan lagu bertema nasi goreng, memang orang lain memandang Negara kita sangat kaya akan warisan kuliner yang khas dan mendunia.

Nasi goreng untuk ornag Indonesia bisa ditemuan di setiap sudut tempat, bahkan kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yan sederhana. Orang Indonesia di luar negeri untuk mencicipi nasi goreng saja sangat susah bahkan mahal harganya jika dibandingkan di Indonesia. Maka beruntunglah kita sebagai orang Indonesia yang memiliki keragaman kuliner yang ada di Negara kita.

Tinggal kitanya sendiri yang akan dibawa kemana warisan budaya tersebut untuk memperkenalkannya ke mata dunia, kita sebagai generasi muda penerusa bangsa telah diwarikan dengan berbagai suku, budaya, bahasa, kuliner yang kaya dan beragam, jangan sampai kita yang punya dan harus diambil atau di akuisisi oleh orang lain. Jika sudah seperti itu dan terlanjur, maka apa yang mesti kita perbuat? Hanya rasa penyesalan yang akan membelenggu pada diri.

Indonesia adalah negeri tempat tinggal kita tercinta, berbagai macam olahan makanan, cara memasak yang khas, tidak kalah dengan orang-orang di luar sana yang makanan berkelas internasional, kita sebagai orang Indonesia harus mencintai, menjaga dan melestarikan warisan nenek moyang kita, budaya, seni, bahasa, kuliner dan lainnya, begitu juga produk-produk Indonesia yang perlu kita cintai dan kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Makanan Indonesia untuk orang Indonesia dan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *