2017

Pengaruh Orang Tua Terhadap Tumbuh Kembang Anak

0

Tanpa disadari oleh orang tua yang selalu sibuk dengan urusan pekerjaan atau kesibukan sehari-hari, orang tua lupa untuk memberi perhatian kepada anak-anak. iini akan membuat anak-anak merasa tidak diperhatikan oleh orang tuanya, dan ini sangat lah tidak dianjurkan. Selayaknya orang tua agar memberikan waktu luang untuk memperhatikan anak-anak dan mendengar apa yang mereka inginkan serta memberi mereka kesempatan untuk mengungkapkan apa saja yang mereka butuhkan.

Kesibukan atau setelah lelah bekerja yang membuat orang tua kurang memperhatikan anak-anak adalah suatu alasan klise bagi orang tua yang kurang memperhatikan anak-anak nya. Karena jangan sampai anak-anak ini merasa tidak diperhatikan oleh orang tuanya karena akan timbul rasa kecewa dan rasa penyesalan anak-anak yang  merasa hidupnya tidak mendapat perhatian oleh orang tuanya.

Ini juga mempengaruhi psikologi tumbuh kembang anak dimasa pertumbuhannya, mereka akan merasa terasing dan menjadi tidak mempunyai arahan yang sempurna untuk menjalani kehidupannya dari kurangnya perhatian orang tua. Karena mereka sudah beranggapan jikalau mereka tidak mendapat perhatian dari kedua orang tuanya.

Manfaatkanlah waktu luang yang kita miliki untuk berinteraksi dengan anak-anak, memahami kebutuhan mereka dan mencoba menjadi sosok panutan untuk memahami bagaimana cara menjalani kehidupan ini dimasa depan. Cobalah untuk bercerita kepada anak-anak tentang pengalaman positif yang pernah kita alami agar anak-anak diberi gambaran atas sesuatu hal yang terjadi nanti kepadanya.

Cobalah untuk memperhatikan tumbuh kembang anak supaya orang tua bisa memahami kelebihan dan kekurangan pertumbuhan anak-anak. peran aktif orang tua dalam memperhatikan anak-anak sangatlah dibutuhkan meskipun banyak faktor lain yang akan membentuk karakteristik anak tersebut dimasa depan, seperti factor lingkungan juga mempunyai andil yang cukup besar untuk pergaulan anak-anak.

Maka tugas orang tua agar selalu mengarahkan anak-anak untuk dapat mengajarkan secara bijaksana bagaimana memilih pergaulan yang baik dalam menjalani kehidupannya nanti. Pada intinya usahakanlah orang tua tidak membuat anak-anak merasa tidak diperhatikan dirumahnya sendiri, dan berikanlah waktu yang cukup banyak untuk memahami dan memperhatikan anak-anak. semoga ini dapat membantu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.